nusakini.com - Internasional - Negara bagian dengan populasi terbanyak India, telah mengajukan legislasi yang bertujuan untuk mengurungkan niat pasangan untuk memiliki lebih dari dua anak. Negara bagian ini merupakan daerah kedua di bawah kepemimpinan partai PM Narendra Modi yang mengajukan proposal seperti ini.

Saat ini, populasi India adalah 1,38 milyar jiwa, menurut data World Bank, India adalah negara kedua dengan populasi terbesar setelah Cina. Jika Uttar Pradesh adalah negara sendiri, 240 juta warganya akan menempatkannya menjadi negara kelima dengan populasi terbesar.

Dalam proposal dari pemerintah negara bagian yang diumumkan pada hari Sabtu (10/7), pasangan yang memiliki lebih dari dua anak tidak akan diizinkan untuk mendapat subsidi pemerintah dan akan dilarang untuk melamar di pekerjaan pemerintahan.

Rancangan undang-undang ini, yang dibuka untuk komentar publik hingga bulan Juli, perlu disahkan oleh anggota parlemen negara bagian.

India diduga akan melambung Cina sebagai negara dengan populasi terbesar pada tahun 2027. Hingga saat ini kebijakan dua anak bukan kebijakan nasional untuk seluruh India.